pesan, makna, dan simbol

Posted: November 19, 2008 in tulisan bebas
Tags: , ,

sebuah pesan, benarkah pesan yang menjadi wacana pada masyarakat adalah suatu yang tidak ada bentuk nilai di dalamnya. Benarkah pesan tersebut bebas dari kepentingan sang pembuatnya. Suatu bentuk akan memberikan makna yang berbeda tergantung dari siapa bentuk tersebut tercipta. Simbol ”A” tidak lagi menjadi simbol bagian dari huruf tetapi merupakan simbol dari merek rokok. Sehingga A telah menjadi mitos tersendiri bagi merek rokok itu, sebagai lambang rokoknya A mild.

Pesanpun yang disampaiakan dari signifier tidak akan terlihat makna jika tidak ada signified. Signified lah yang memahami mitos, signifier yang menjadi bentuk dari mitos.bartes mengatakan mitos sebagai sebuah sistem komunikasi, yakni sebuah pesan. Gerakan-gerakan ritual yang dilakukan orang shalat seperti melakukan berdiri, rukuk, lalu sujud, sudah tidak bisa lagi dibilang sebagai gerakan kegilaan melainkan merupakan wujud apresiasi penyembahan sang hamba kepada penciptanya. Satu kesatuan gerak tersebut telah menjadi mitos bersama dikalangan umat muslim sbagai apresiasi penyembahan kepada sang pencipta.

Sistem gerak yang dilakukan umat muslim tersebut, jika ditemukan pula kesamaan pada para pesenam, maka tentu saja pemanaannya akan berbeda. Gerakan-gerakan yang dilakukan oleh para pesenam tersebut merupakan gerakan senam. Jadi tentu saja, pemaknaan tidak bisa lepas dari bentuk. Konsep penghambaan dalam mitos umat muslim adalah melakuka gerakan tersebut, dan itu dilakukan secara sadar oleh umat mauslim karena mereka sebagai moslim harus melakukan ritual penyembehan sepert itu.

Kemudian, apakah ada suatu pesan yang tidak memiliki makna? pastilah ada makna dibalik pesan yang disampaikan. Dalam hal ini, makna dibalik pesan inilah yang disebut mitos Mitos pada saat yang bersamaan adalah makna sekaligus bentuk. Aku adalah singa dan singa itu memakan daging dan dia juga raja hutan. Mitos singa adalah sang raja hutan yang memakan daging. Padahal selain simbol-simbol tesebut, singa mempunyai sifat-sifat dan simbol lainnya. Namun sifat dan simbol-simbol tadi belum bisa menjadi mitos, karena tanda yang sesugguhnya dari singa adalah si pemakan daging.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s