apa itu kapitalisme, apa itu industrialisme ?

Posted: October 20, 2008 in tulisan bebas

apa itu kapitalisme, apa itu industrialisme ? Giddens memberikan arti kedua isme tersebut ke dalam dua arti yang berbeda;

kapitalisme bagi Gidden adalah sistem produki komoditas, yang terpusat pada relasi antara kepemilikan modal pribadi dan pekerja upahan yang tidak menguasai hak milik, relasi ini membentuk proses utama sisten kelas. Kapitalisme sebagai masyarakat adaah suatu sistem yang memiliki pelbagai ciri institusional spesifik. 1. tatanan ekonominya meliputi karakteristik sebagaimana dikemukakan di atas. Sifat perusahaan kapitalis yang sanga kompetitif dan ekspansionis berarti bahwa inovasi teknologi konstan dan mencakup banyak aspek. 2, ekomominya berbeda, atau ”terlindungi”, dari arena sosial yang lain, khususnya institusi politik. Karena tingginya tingkat inovasi pada bidang ekonomi, relasi ekonomi memegang kendali yang cukup besar atas institusi lain. 3. pemisahan politik dengan ekonomi (yang bisa memiliki bentuk beragam) didasarkan atas dominasi hak milik pribadi dalam sarana produksi. (Hak miliki pribadi tidak serta merta mengacu kepada usaha secara individu, namun kepada kepemilikan investasi pribadi yang tersebar). Kepemilikan modal secara langsung terkait dengan fenomena ”ketiadaan hak milik”-komodifkasi pekerja upahan- daam sistem kelas. Keempat, otonomi negara dikondisikan, meski tidak ditentukan secara kuat, oleh ketergatungannya kepada akumulasi modal, dimana kontrol atasnya sama sekali belum sempurna.

Lalu karakteristik industrialisme adalah pemakaian sumber-sumber kekuasaan material yang tidak berjiwa dalam produksi barang, yang dipadukan dengan peran sentral mesindalam proses produksi.

About these ads
Comments
  1. pemuda bangsa indonesia says:

    jadi apakah menurut saudara kapitalisme di indonesia sanggat merugikan bangsa?
    karena dari sedikit yang saya tahu bahwa kapitalisme ni sanggat merugikan rakyyat kecil,karena rakyat kecil dirugikan oleh kepentingan oelh rakyat yang mapu
    bagi,mana tanggapan anda

    salam dari saya majukan bangsa indonesia dari kapitalisme yang menderitakan rakyat kecil
    merdeka

    • idhamputra says:

      kapitalis merugikan karena tidak ada aturan yang tegas dan kuat mengontrolnya
      jika kapitalis tiba-tiba dihilangkan di Indonesia, maka yang akan muncul adalah pengangguran besar2an di Indonesia
      keadaan itu pun telah dipikirkan oleh mao, ketika revolusi komunis di Cina telah berhasil menguasai seluruh Cina daratan (kecuali Taiwan) posisi atau keadaan keadaan para pemegang modal/kapitalis merupakan pembahasan sentral mereka, apakah revolusi besar-besaran dengan menggunakan sistem komunis dan memusnahkan kapitalisme di Cina atau merangkul mereka (dari segi positifnya). keputusan mao dkk adalah merangkul mereka karena jika mereka dihilangkan, akan muncul jutaan pengangguran di cina.
      jadi menolak kapitalisme 100% menurut saya pun juga akan merugikan bangsa ini.
      cont. solusinya adalah regulasi atas seluruh sistem perdagangan, bagaimana perekonomian tidak didominasi oleh satu individu untutk memperkaya diri pribadi dan merugikan orang banyak. (mis. mengontrol perdagangan Carfour dan Giant ada disatu wilayah tertentu agar kompetitor lainnya memiliki kesempatan untuk menjajakan barangnya juga)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s